in

Just RELOAD The New Beat

@dematobing – Apa kabar musik Indonesia? Masih seperti biasanya kah musik yang tampil di layar kaca dengan genre dan style yang itu-itu saja? Satu tahun belakangan ini musik Indonesia sudah mulai menunjukkan kemajuannya walau sedikit tapi lumayanlah daripada lu’manyun. Memang beberapa kali kita mendengarkan lagu Indonesia yang tiba-tiba “booming” karena kehebatan arranger lagu yang jenius sekali dalam menjiplak nada dari lagu barat dan booming karena video musik yang lebih menonjolkan ke-bengkak-an dari salah satu bagian tubuhnya. Namun jangan khawatir karena hal-hal yang seperti itu tidak akan bertahan lama di belantika musik Indonesia.

Musik Indonesia boleh dibilang sudah mulai lebih baik daripada beberapa tahun lalu di mana banyak sekali band atau singer yang muncul namun sangat disayangkan genre lagunya seragam. Musik Indonesia memang membutuhkan sesuatu yang fresh baik dari lirik, nada, aransemen dan style agar musik Indonesia lebih berwarna. Salah satu musik yang fresh menurut penulis adalah lagu yang berjudul “Reload” yang dipersembahkan oleh Jupitershop. Band yang berasal dari Magelang Jawa Tengah ini bukan anak kemaren sore yang baru berhasil mempelajari chord “C”, “G”, “F”. Sejak tahun 2010 Jupitershop memulai perjuangannya di belantika musik Indonesia.

 

Lagu yang berjudul “Reload” ini sendiri bisa kamu cek sendiri menggunakan widget musik yang ada di atas artikel ini dan jangan lupa menekan tombol play untuk mendengarkan lagu tersebut. Lagu ini memang sudah tidak asing lagi bagi penggemar Jupitershop namun bagi teman-teman penikmat musik Indonesia yang lain tidak ada salahnya menikmati lagu yang berjudul “Reload” ini.

Menurut penulis, lagu “Reload” ini merupakan sebuah kombinasi yang keren antara genre rock, rap dan electronic. Sebenarnya perpaduan ini tidak terlalu asing bagi penikmat musik luar negri seperti Linkin Park, Limp Bizkit, Crazy Town, … dst dan untuk Indonesia sendiri kita juga pernah mendengar band seperti Saint Loco dan Bagaikan Band (Jogja) namun Jupitershop bukanlah band-band seperti yang disebutkan. Jupitershop memiliki gaya sendiri dalam penyajian lagunya. Beat Drum N Bass yang kental dan penggunaan sound distorsi guitar memiliki peran yang sangat penting di dalam lagu “Reload” karena jika salah satu dari kedua elemen ini salah atau mengacau dalam menggunakan pilihan soundnya maka sudah dipastikan lagu ini akan gagal┬átotal dan kurang nyaman di telinga, maka diperlukan ketelitian yang lebih. Sering kali hal seperti ini disepelekan oleh musisi baru yang biasa asal beatnya kencang dan distorsinya keras sekeras batu kali, ternyata Jupitershop tidak melakukan hal tersebut. Kedetailan dalam memilih sound sangat diperhatikan sehingga lagu “Reload” menjadi nyaman di telinga dan luar biasa. Tidak berhenti sampai di situ saja, elemen lain seperti bass, synth, dan sound electronic lainnya yang mewarnai lagu ini juga memberikan dampak yang baik sehingga menyebabkan vocal maupun rap dapat terdengar dengan jelas. Jadi lagu ini sangat direkomendasikan untuk penikmat musik Indonesia yang menginginkan sesuatu yang fresh.

Lagu “Reload” dari Jupitershop ini boleh dibilang memang lebih fresh baik dari segi penggunaan sound maupun style lagunya jika dibandingkan dengan lagu sebelumnya yang terdapat dalam album perdana mereka yang berjudul Distodance. Berkaca dari Jupitershop seharusnya musisi-musisi di Indonesia juga demikian, selalu ada yang baru, semakin bertenaga dan semakin fresh karena hal-hal seperti itu yang membuat musik Indonesia menjadi tidak jenuh.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Agatha Suci, Cintai Aku Lagi Dong…

Nana Lee & The Electro Project : Jakarta Never Give Up