in

Suti

Tahukah kamu ?berbicara musik berarti membicarakan kehidupan ini. Hampir semua lagu yang tercipta di dunia ini selalu membicarakan kehidupan seperti cinta, kasih sayang, patah hati, persahabatan, kebahagiaan, kesedihan, semangat, nasionalisme, respek, kritikan hingga kondisi bumi pun menjadi inspirasi.

Bagaimana jika inspirasi itu datang dan dipersembahkan untuk seorang sahabat yang berada di dunia lain? Bagi orang yang tidak mempercayainya akan berpikir bahwa semua itu hanya imajinasi yang tidak masuk akal, tapi tidak untuk seorang Sara Wijayanto. Kita mengenal Sara Wijayanto sebagai Ghost Hunter dan sering kita lihat beliau di program acara mistis di televisi. Untuk artikel kali ini, BeatBold kedatangan Sara Wijayanto sebagai Guest Writer yang akan bercerita mengenai Suti, kuntilanak yang menjadi sahabatnya dan menjadi inspirasi di dalam album Sara Wijayanto yang akan rilis pada tanggal 23 November 2015.


 

Sara Wijayanto

Malam ini saya akan bercerita sedikit tentang Suti. Buat kalian yang sudah membaca buku kolaborasi saya dengan Risa Saraswati yang berjudul Risara, pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok kuntilanak yang bernama Suti. Ya..!!! Dia adalah salah satu teman hantu saya.

Sosoknya memang mengerikan, rambutnya panjang dan terlihat kusut. Di bawah matanya hitam, dengan warna kulit yang pucat. Pertemanan kami berawal dari teguran saya kepada Suti sekitar tiga tahun yang lalu. Walaupun agak ngeri untuk mengajaknya bicara, tapi saya memberanikan diri untuk menegur supaya dia tidak mengganggu orang rumah dan tetangga yang tinggal di kompleks ini. Tanpa berbicara dia hanya menggangguk dan lalu menghilang. Semenjak itulah Suti selalu muncul di jendela dan di balkon. Terkadang Suti mengikutiku sampai di tempat shooting, dan memang ada beberapa orang teman saya yang juga melihatnya, bahkan di ” kunjungi ” Suti.

Pada akhirnya saya bisa menjadi akrab dengannya karena dia menceritakan kisah hidupnya yang bisa dibilang singkat dan menyedihkan. Suti meninggal di usia belasan tahun dan dia mengakhiri hidupnya karena malu telah dilecehkan oleh ayah tirinya dengan cara menggantung diri. Dia bilang bahwa dirinya sangat menyesal telah mengakhiri hidupnya dan dia selalu bilang bahwa wujudnya dulu tidak seperti yang saya lihat sekarang.

Percaya atau tidak saya terinspirasi membuat lagu karena curhatan Suti. Jadi waktu itu saya memang sedang berada di kamar sendirian dan tiba tiba terdengar suara seperti ketukan jari-jari di jendela. Tidak lama setelah terdengar bunyi itu, muncullah Suti. Dia biasanya memang selalu muncul di balkon kamar saya. Terkadang dia muncul untuk mendengarkan saya bercerita tentang perjalanan shooting di luar kota maupun bercerita tentang hantu yang saya temui, dan kadang Suti datang hanya untuk bercerita.. Huffttt!!! Kalian tidak menyangka kan? ternyata hantu suka curhat juga hihihi!!!

 

Beberapa kali Suti bercerita tentang manusia yang sering dia kunjungi. Pria muda yang rumahnya tidak jauh dari rumah saya. Katanya dia sering mengamati pria itu. Kadang Suti mengikutinya sampai ke tempat pria itu kuliah.

Suti!!! Tapi kamu ga mengganggu dia kan?” tegur saya.

Gak kok.. Kan aku sudah berjanji padamu untuk tidak mengganggu manusia lagi dan mana mungkin dia bisa melihatku Sara? Dan jika dia melihatku pun pasti dia akan lari terbirit-birit melihat wujudku yang mengerikan ini ” Jawab Suti sambil menunduk.

Lama sekali Suti terdiam lalu dia menghilang.

Saya terus mencarinya, namun Suti tidak juga terlihat. Semenjak malam itu saya terus kepikiran, mungkin karena Suti meninggalnya masih muda dan belum pernah merasakan jatuh cinta, dan sekarang dia bisa apa, hanya bisa memandangi manusia yang dia harap bisa diajaknya bicara.

Kasihan Suti…!! Tapi tidak ada yang bisa saya lakukan untuk menolongnya. Karena memang dia mengakhiri hidupnya sendiri yang pada akhirnya membuat dia terus gentanyangan.

Tapi ada satu hal yang bisa saya lakukan untuk menghiburnya, saya akan menulis lagu untuk Suti. Lagu yang bercerita tentang cinta yang tidak akan bisa terwujud. Suti…!!! Lagu ini saya tulis untukmu… dan saya akan berbagi kisahmu melalui lagu ini.

Lagunya Suti.. ~ Sara Wijayanto

 

#SARAwijayanto

#LagunyaSuti

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mengenang : Lingua – Jangan Kau Henti

Creativity

Menjadi Musisi Yang Lebih Kreatif? Ini Tips Singkatnya