in

Pulang – Alexa

@dematobing –  Merantau, menginjakkan bumi di kota orang lain untuk mendapatkan sesuatu yang baru di dalam kehidupan ini adalah kegiatan yang dilakukan oleh sebagian umat manusia. Belajar menimba ilmu menjadi manusia yang lebih baik atau bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan dan membahagiakan anggota keluarga di rumah menjadi prioritas yang tidak bisa terelakkan ketika kita jauh dari rumah. Jauh dari rumah memang terasa menyebalkan bagi kita yang benar-benar mencintai suasana rumah yang nyaman dan menyenangkan, tapi mau bagaimana lagi? terkadang langkah-langkah itu yang kita ambil untuk mendapatkan apa yang memang kita inginkan, dan yang pasti kita pasti merindukan untuk pulang ke rumah.

Siapa yang tidak mengenal Alexa? Lagu-lagunya yang selalu menjadi top hits nya Indonesia seperti “Takkan Pernah Bisa”, “Dewi”, “Jangan Kau Lepas”, “Wajahmu Indahkan Duniaku” memang tidak akan pernah terlupakan dan menjadi bagian dari legenda musik Indonesia. Terlalu lebaykah jika saya (penulis) mengungkapkan lagu-lagu yang barusan disebutkan itu menjadi bagian dari legenda?  Saya rasa tidak… beberapa kali kita masih menikmati lagu-lagu Alexa tersebut di beberapa stasiun radio, mini market, dan mall yang secara tidak sadari kitapun ikut menyanyikan lagu-lagu itu.

Musik Indonesia tidak melulu berbicara masalah cinta tetapi masih banyak kejadian ataupun pengalaman lain yang dapat diungkapkan dalam sebuah nada dan lirik. Alexa yang memang terkenal dengan lagu-lagu cintanya yang sering kita dengar namun pada saat ini ada hal yang berbeda dari apa yang dipersembahkan oleh Alexa. Seperti yang telah saya singgung di atas pada paragraf pertama, Alexa mempersembahkan sebuah lagu yang berjudul “Pulang”.

Mungkin banyak di antara penikmat musik Indonesia sudah mendengarkan lagu di beberapa stasiun radio, Youtube atau mungkin sudah ada yang mendengarkan lagu ini secara live, namun terkadang banyak juga yang belum mendengarkan lagu ini karena jujur saja musik Indonesia terlalu sering dimonopoli oleh lagu dan penyanyi yang itu-itu saja. Saya sendiri juga sudah tidak terlalu mengikuti perkembangan acara musik di televisi yang lebih banyak menonjolkan kenorakan acaranya daripada kualitas musiknya. Daripada berbicara yang norak-norak dan tidak jelas lebih baik kita menikmati dulu lagu dan video lirik “Pulang” dari Alexa di bawah ini.

Jika kita perhatikan lirik dari lagu “Pulang” ini memang boleh dibilang sederhana sama seperti lagu-lagu Alexa yang sebelumnya sehingga mudah untuk diingat. Meskipun lirik dan nada dari lagunya sederhana namun memiliki makna luas tapi dalam. Bolehlah beberapa orang bilang lagu ini tentang orang yang ingin balikan dengan kekasihnya, tapi menurut saya lagu ini memang menggambarkan keinginan untuk pulang ke rumah karena kehebatan lirik-lirik yang sederhana di dalamnya mewakili cerita dan keinginan saya untuk pulang ke rumah keluarga (bahasa alay kampretnya “lagunya gueeehh bangettt), jadi terserah kamu mau mengartikan lagu ini seperti apa.

Sejak kemunculan Alexa di belantika musik Indonesia, band ini memang spesial di mata dan telinga saya, aransemen lagu pop-nya inovatif (power pop) dibandingkan dengan band-band pop Indonesia lainnya  pada tahun 2008-an. Untuk lagu “Pulang” ini jika kita perhatikan dari segi aransemennya memang dari taste (rasa)-nya tidak terlalu jauh berbeda dengan lagu-lagu Alexa sebelumnya namun sejujurnya menurut saya lagu “Pulang” ini jauh lebih ekspresif dan lebih kreatif. Tanpa mengurangi rasa hormat pada lagu-lagu Alexa sebelumnya namun memang itu yang saya rasakan sebagai penikmat musik Indonesia bahwa lagu “Pulang” sangat terasa emosinya dan lebih bebas baik dari segi aransemen, vocal dan liriknya. Apakah hanya saya yang merasakannya?Saya harap kalian juga pasti peka dengan perbedaan Alexa band dengan lagu-lagunya yang dulu dengan yang sekarang terkhususnya lagu “Pulang”.

Lagu “Pulang” dari Alexa ini akan terasa lebih mantap jika kamu mendownloadnya di sini << (iTunes) atau di sini <<(Melon) juga boleh karena sudah dipastikan kamu akan mendapatkan kualitas sound yang lebih keren.

Musik Indonesia selalu membutuhkan musik yang kreatif dan inovatif namun tidak lebay. Alexa sebagai salah satu band papan atas di Indonesia tidak pernah menurunkan standar kualitas musiknya namun terus meningkat mengikuti perkembangan teknologi musik yang juga semakin luar biasa.

Sukses terus Alexa, terus berikan yang terbaik untuk musik Indonesia dan sukses untuk rencana Go Internasionalnya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Nana Lee & The Electro Project : Jakarta Never Give Up

S1 – The Railroads