in

Mempublikasikan Musik? Kamu Butuh Humas!

Berkarir di dunia musik memang susah-susah gampang, kalau dipikir-pikir memiliki karya lagu yang bagus, skill musik yang baik ternyata belum cukup jika ingin bersaing di belantika musik terutama musik Indonesia yang konon orientasi musiknya ke arah “asal laku”. Strategi untuk memasarkannya pun cukup susah jika kita tidak memiliki jaringan/koneksi ke dunia yang kita impi-impikan.

Artikel kali ini sebenarnya lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul “Berkarir Sendiri Di Musik?Lupakan Mimpimu Menjadi Musisi” di mana musisi baik itu solo maupun band harus memiliki sebuah tim yang benar-benar dapat mendukung kinerja musisi tersebut. Dari tim tersebut kita juga harus memikirkan strategi yang apik agar musik yang telah kita produksi benar-benar sampai ke telinga penikmat musik.

Menurut blog Sonicbids.com, untuk menjalankan publikasi yang baik kita membutuhkan humas (hubungan masyarakat) yang akan merencanakan, menyusun strategi, melaksanakan dan membuat publikasi profil maupun press release. Jika dilihat dari job desk-nya pekerjaannya cukup mudah namun kamu harus menemukan ahlinya di bidang tersebut agar semua berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana. Bagaimana menemukan seorang humas yang dapat membantu kita?

  1. Minta bantuan Google : memang nampak seperti orang bodoh mencari humas melalui Google, namun semua itu ada triknya. Yang harus kamu lakukan adalah gunakan search engine Google untuk mencari band/solois favorit atau yang kamu idolakan, tentu saja cari musisi yang mempunyai sistem publikasi yang baik. Jika kamu sudah menemukannya cobalah cari tahu siapa yang mengatur pers mereka. Biasanya mereka dapat ditemukan di website official musisi tersebut di bagian kontak. Jika kamu tidak menemukannya langsung saja hubungi management dan tanyakan siapa yang mengatur pers artis mereka. Jika sudah menemukan orang tersebut, coba bujuk dia untuk mau bekerja sama denganmu.
  2. Penelitian umum : Jika cara pertama tidak berhasil atau mungkin karena masih malu-malu kucing, ada baiknya melakukan penelitian secara general mengenai profil musisi yang kamu anggap bagus dan keren. Tetap gunakan search engine Google dan gunakan kata kunci “Who Is (musisi) publicist?” atau siapa humas dari (musisi) ? Ambil contoh “Who Is Muse Publicist?” Hasil pencarian pun keluar dan kamu akan menemukan siapa yang menjadi humas dari Muse.
  3. Tetap realistis : Jangan terlalu berharap pada humas pertama yang kamu temukan, siapa tahu dia tidak tertarik menangani publikasimu, atau bisa saja dia terlalu sibuk dengan project lainnya dan bisa saja karena humas itu terlalu mahal karena sudah menangani artist yang lebih besar daripada kamu saat ini. Kamu harus tetap memiliki pilihan kedua, ketiga dan seterusnya, jangan lupa kamu juga harus menyesuaikan anggaran yang kamu miliki.
  4. Menggunakan teknik mulut ke mulut : Google bukanlah Tuhan, tidak semua informasi yang kamu butuhkan ada di sana. Banyak juga humas yang tidak terekspos di media ataupun di website. Tanyakan pada teman-teman anda yang bekerja dengan media atau bekerja dengan promotor musik, cari tahu dan tanyakan siapa humas yang mereka rekomendasikan untuk bekerja sama dengan kita. Biasanya orang-orang yang kita tanyakan pasti akan memberikan rekomendasi yang terbaik.
  5. Tanyakan pada manajer : Sudah punya manajer? tanyakan padanya untuk mencari tahu siapa yang dia rekomendasikan untuk bekerja sama dengannya. Manajer cenderung memiliki koneksi yang cukup banyak dengan humas karena mereka pasti sering bekerja sama. Mintalah manajermu untuk mengatur yang terbaik untuk jalannya project musik yang sedang dijalankan.
  6. Cari orang-orang sekitar : Mencari seorang humas profesional memang cukup sulit, tidak ada salahnya memanfaatkan jasa dari orang-orang yang ada di sekitarmu yang memiliki koneksi dengan media setempat. Jika kamu sudah menemukan orang tersebut, ajaklah dia untuk bekerja sama dan ikut andil dalam project yang kamu buat, ibarat kata “Ayo kita maju bersama, dan kita sukses bersama…”. hubungan seperti ini jelas menguntungkan kedua belah pihak secara tidak disadari.

Itu tips singkat untuk mencari humas yang akan membuat publikasi musikmu menjadi lebih baik daripada harus dikerjakan sendiri.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sara Wijayanto : Album Launch

Official Review : Lagunya Suti