Guitarist Lonely Alone Guitar Solo Musician Play
in

Karir Musik Terbaik Untuk Musisi Introvert

Seorang psikoanalis dari Inggris yang bernama D.W. Winnicott pernah menulis, “Kepuasan seseorang yang kreatif adalah memperoleh penghargaan dari apa yang dia ungkapkan melalui perasaan maupun batinnya dan mendapat pengakuan yang belum pernah ia dapatkan sebelumnya.”

Mungkin ini yang menjelaskan mengapa orang introvert begitu tertarik untuk kegiatan kreatif. Orang introvert ingin membagikan perasaan dan kebatinannya kepada orang lain namun merasa tidak dapat mengekspresikan diri mereka ke dalam situasi sosial yang konvensional sehingga mereka harus mencarikan tempat untuk membagikan kreatifitasnya.

Ciri khas seorang introvert adalah cinta dengan kesendirian. Seorang introvert bisa duduk sendiri selama berjam-jam dan tiba-tiba muncul dengan suatu karya yang indah. Kelemahan seorang yang introvert adalah ketika ia mempunyai karya yang indah maka mau tidak mau harus bekerja sama dengan orang yang ektrovert untuk membagikan karya yang telah ia ciptakan. Pada saat ini industri musik mayor label yang lesu akan kreativitas dan tidak seheboh jaman dulu membuat orang-orang yang introvert semakin sulit untuk menampung hasil kreativitasnya.

Di sisi lain, sebagai musisi introvert kamu sebenarnya tetap memiliki banyak peluang untuk menunjukkan kreativitasmu dengan bekerja di industri musik. Jadi mari kita luangkan waktu sebentar untuk melihat peluang karir musikmu.

1.Instruktur Musik

Berkeley

Mengajar adalah pilihan karir yang layak bagi banyak musisi, terkhususnya untuk seorang introvert. Memang kelemahan seorang introvert dalam mengajar musik biasanya terjadi dalam kelas yang berkelompok (lebih dari satu orang) namun dia mempunyai kelebihan saat mengajar per-orangan (privat) karena dia dapat fokus mengajar tanpa gangguan dari tempat lainnya. Selain itu seorang introvert memiliki kemampuan luar biasa untuk mengisolasi diri dari untuk waktu yang lama, kemampuannya sangat membantu mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk bermain dan mengajar musik untuk tingkat lanjut.

 

2. Jurnalis Musik, Blogger, Humas

Fotolia

Sementara banyak orang mungkin akan berpikir mustahil bahwa seorang introvert akan berhasil di dalam karir yang melibatkan interaksi dengan banyak orang. Seorang introvert sebenarnya adalah seorang orang yang fokus dengan pekerjaannya. Selain itu pemikiran-pemikiran kreatifnya membuat pekerjaannya menjadi lebih fleksibel. Menjadi jurnalis musik ataupun blogger bisa menjadi pilihan yang tepat untuk seorang introvert karena dia akan membuat tulisan atau sebuah cerita menarik dan berusaha agar dapat dinikmati khalayak luas. Tidak hanya sebagai jurnalis musik dan blogger, sebagai seorang humas musik pun dia handal dalam pekerjaannya, dia akan mencari cara bagaimana mempublikasikan musik menjadi menarik dan fokus mencari cara agar apa yang dia publikasikan menjadi berhasil. Mungkin sering kali kita mendengar omong kosong seorang manajer yang suka pamer dengan apa yang dia kerjakan, sering mengeluarkan spoiler band/musisi yang dia manajeri sebelum waktunya dan ujung-ujungnya gagal namun itu jarang terjadi pada orang introvert karena mereka fokus terlebih dahulu dengan keberhasilannya.

 

3. Audio engineer / teknisi

Recording Connection

Jika kamu seorang musisi introvert yang juga cenderung suka dengan hal yang teknis, maka menjadi seorang audio engineer adalah pekerjaan yang cocok buat kamu karena industri musik tanpa seorang audio engineer adalah omong kosong. Mengapa seorang introvert dalam bidang audio engineer saat ini dibutuhkan? Karena seorang introvert biasanya mau belajar memecahkan masalah yang rumit dan kompleks hingga akar-akarnya. Fokus terus dengan apa yang menjadi titik permasalahannya sehingga masalah dapat diselesaikan.

Beberapa pilihan berkarir di dunia musik yang teknis seperti: Mixing Engineer, Mastering Engineer, teknologi instrument, instrument repair technician atau programmer software musik.

Pada saat ini tentu saja, seorang audio engineer dan teknisi lainnya sering diharapkan untuk menguasai bukan hanya pada satu saja namun banyak aspek pada bidang mereka, dari pelacakan instrumen tuning vokal hingga memperbaiki keyboard agar kembali hidup dan bersuara. Untungnya kemampuan seorang introvert untuk menghabiskan waktu dan mengisolasi diri untuk belajar akan hal-hal yang baru adalah orang yang ideal untuk perkembangan dunia yang terus maju.

 

4. Penulis Lagu

Songwriting.net

Membagikan isi hati dan pikiran kepada khalayak umum memang menjadi mimpi seorang musisi introvert maka dari itu menjadi penulis lagu adalah pilihan yang tepat. Fokus, ketenangan dan kreativitasnya seharusnya menjadi karya lagu yang luar biasa karena mereka melakukan apa yang mereka benar-benar miliki dan inginkan. Jika kamu seorang introvert yang merasa tidak dapat bernyanyi dengan baik maka lagu yang kamu ciptakan dapat kamu berikan atau kamu jual kepada penyanyi yang membutuhkan, maka karya yang telah kamu ciptakan dapat dinikmati oleh banyak orang.

 

Saran-saran di atas ini hanya merupakan saran dasar untuk seorang introvert yang ingin berkarir di industri musik karena masih banyak karir lain yang dapat kamu raih seperti :

  • Music Supervisor
  • Record Label Accountant – akuntan label rekaman
  • Tour Manager – manajer tur
  • Stage Manager
  • Radio Music Director
  • Music Therapist

Perlu diingat bahwa banyak seorang introvert mencari pekerjaan yang tidak melibatkan banyak interaksi dengan orang lain, namun pada kenyataannya adalah bahwa menjadi seorang introvert dalam industri musik lebih dari sekedar bekerja sendirian. Sebagai musisi yang tenang, Anda memiliki banyak keterampilan penting seperti mendengarkan, berkomunikasi, meneliti, dan menguasai hal-hal yang baru.

Apakah ada tips jitu untuk musisi yang sangat introvert?tentu saja ada, jadilah dirimu sendiri dan belajarlah mengakui betapa berharganya kemampuanmu yang sebenarnya.

Sumber : Sonicbids

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Justin Bieber, Ariana Grande, Katy Perry Jadi Musisi 80an?

Freddie Mercury Michael Jackson

There Must Be More To Life Than This