Electronic Press Kit
Artistecard
in

Electronic Press Kit, Perlukah?

Kamu mempunyai karya dan ingin sekali dipublikasikan ke media-media hiburan yang ada. Apakah cukup dengan mengirimkan demo dalam bentuk CD atau link download saja? Jelas dengan cara demikian biasanya orang yang menerima demo berupa CD atau link download saja akan langsung menyingkirkannya ke tempat sampah atau diabaikan begitu saja.  Alangkah baiknya jika kamu membuat EPK (Electronic Press Kit).

EPK itu ibarat sebuah CV dan lamaran kerja, di dalamnya terdapat informasi seputar dirimu. Jika di dalam CV atau lamaran kerja isinya kurang menarik entah karena desain ataupun prestasi yang tidak dapat mencuri perhatian maka CV dan lamaran kerjamu akan dibuang begitu saja. Nah, maka dari itu kamu harus mempunyai EPK untuk bandmu.

Apakah EPK dibutuhkan untuk industri musik jaman sekarang? Sangat jelas EPK dibutuhkan. Fungsi EPK itu seperti perpanjangan tanganmu menyalurkan musikmu kepada industri musik seperti promotor, produser hingga jurnalis. Dengan EPK mereka akan memahami musik apa yang hendak kamu sampaikan kepada mereka, selain daripada itu mereka juga lebih mudah mengerti maksud dari gaya musik yang kamu mainkan. Fungsi EPK yang signifikan adalah untuk mendapatkan informasi seputar biodata profilmu ataupun bandmu. EPK yang baik dan terstruktur pasti membantu publikasi musikmu berjalan dengan baik.

Lalu bagaimana caranya membuat EPK?

Sebelum membuat EPK ada baiknya kita persiapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat EPK.

1.Musik

Jelas bahwa untuk membuat EPK kamu memerlukan terlebih dahulu karya musikmu yang sudah direkam atau sudah terpublish beserta music videonya di Youtube. Tanpa karya membuat EPK adalah hal yang membuang-buang waktu dan tenaga. Pastikan kamu memberikan demo ataupun karyamu yang telah jadi dengan kualitas rekaman yang baik.

2. Foto / Cover Art

Fungsi dari foto jelas untuk memperkenalkan siapa dirimu atau bagaimana tampang dari anggota bandmu. Jika kamu tidak mempunyai foto cara lainnya adalah memberikan cover art. Namun jangan sekali-sekali mencantumkan foto selfie dengan kualitas ala kadarnya, jika ingin diterima secara profesional maka berikan juga foto/gambar yang profesional dengan kualitas gambar yang tinggi.

3. Biodata

Sertakan informasi mengenai musisi/bandmu di dalam EPK. Baik informasi nama, tanggal tempat lahir, sejarah mulai kapan kamu bermain musik, informasi seputar karya-karya yang telah kamu ciptakan. Buatlah semenarik mungkin dan dengan cukup detail agar informasi biodata yang kamu berikan dapat membantu para jurnalis musik mengetahui seluk beluk dirimu.

4. Video

Alangkah lebih baiknya jika selain kamu dapat memberikan file musik, kamu juga memberikan video musiknya. Jika music videonya belum tersedia minimal kamu memiliki video saat kamu konser atau manggung. Dengan video jelas EPK mu akan dipertimbangkan untuk dilihat oleh para pelaku industri musik.

5. Links

Kamu boleh memasukkan banyak link website namun pastikan memang link-link tersebut sesuai dengan kebutuhan seputar informasi musikmu. Bisa link official website band, Facebook fans page, Twitter, Youtube, Instagram dan lain sebagainya. Jika kamu memiliki link-link tersebut biasanya mereka yang melihat EPK mu merasa bahwa kamu adalah musisi yang profesional.

6. Pers

Jika kamu pernah di review, dibicarakan oleh media baik cetak maupun online ada baiknya kamu mencantumkan judul dari artikel tersebut dengan memberikan tanggal rilis artikel dan link ke artikel tersebut agar orang-orang yang melihat EPK mu dapat membaca referensi melalui artikel yang kamu bagikan.

Bagaimana cara membuat EPK?

1.Website

Gunakan website ataupun blogmu untuk menampilkan profil dari bandmu.

2. Pasang di Reverbnation.com / MySpace

Website-website ini sangat membantu musisi untuk membuat EPK secara mudah dan gratis. Kamu tinggal mengisikan segala informasi yang dibutuhkan, demo lagu yang dapat kamu unggah, link video dan sosial media yang kamu miliki. Selain itu kamu juga dapat menyertakan biodata, contact person hingga jadwal manggung yang akan kamu lakukan.

3. Pasang menggunakan jasa dari Sonicbids

Sonicbids merupakan website yang membantu kamu mempublikasikan musik ke industri musik yang berkaitan, hampir sama seperti Reverbnation namun kamu dibantu dan diberi kesempatan untuk menunjukkan seberapa baguskah musikmu.

4. Dokumen digital

Jika kamu merasa kesulitan dengan website-website seperti Reverbnation.com, MySpace ataupun Sonicbids, kamu dapat membuat EPK menggunakan aplikasi pengolah huruf dan kata seperti Microsoft Word. Namun sebaiknya kamu jangan memberikan dalam ekstensi *doc / *.docx. Sebaiknya jadikan atau convert menjadi PDF. kamu juga harus memperhatikan desain layout dari EPK yang kamu buat. Jika hanya berbentuk lembaran kertas putih dengan teks warna hitam bersiaplah menjadi bulan-bulanan para pelaku industri musik dengan menghapusnya dari data mereka. Setelah semua selesai kamu dapat mengirimkannya melalui email atau dapat kamu simpan di Google Drive ataupun Dropbox dan bagikan linknya kepada mereka yang membutuhkan informasi mengenai musikmu.

Jika kamu ingin semuanya mudah kamu dapat mengisi formulir yang terdapat di link ini. BeatBold juga menyediakan jasa pembuatan EPK.

Sumber : sonicbids

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bayu Aditya

Bayu Aditya : Berekspresi Melalui Dubstep

home recording

5 Tips Untuk Home Recording