,

Bikin Toko Online Musikmu Sendiri

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Sebagai musisi indie menjual musik jelas menjadi tujuan utamanya baik melalui konser ataupun penjualan recording dalam bentuk fisik dan digital. Cara terbaik untuk melakukan hal tersebut adalah dengan membuat website sendiri. Mengapa harus punya website sendiri? selain menjadi alat promo dengan memiliki website sendiri menjadi nilai tambah untuk bandmu yaitu sebagai kredibilitas musikmu di industri musik. Ketika websitemu sudah dibangun dengan baik alangkah lebih baik jika para penggemarmu dapat membeli musikmu baik digital maupun fisik. Tidak hanya lagu atau album yang dapat terjual, merchandise seperti kaos, poster, gantungan kunci atau apapun yang berhubungan dengan bandmu juga dapat dijual di sana.

Tidak dapat dipungkiri music store seperti iTunes juga sangat membantu penjualan musikmu namun kolaborasi penjualan dari iTunes dan website yang kamu bangun jelas memberikan dampak yang lebih baik.

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat kamu membuat website adalah mengontrol datangnya pengungjung ke websitemu. Cara termudahnya adalah dengan menghubungkan penggemar dari sosial media seperti Facebook, Twitter dan lainnya dengan website bandmu. Daripada membuat penjualan yang tidak jelas di sosial media lebih baik kamu share link websitemu agar penggemar dapat langsung mencari apa yang mereka inginkan.

Cara lain agar penggemar dapat mengunjungi websitemu adalah dengan memberikan hadiah khusus untuk subscriber dari websitemu. Manusia kebanyakan menyukai hal yang gratis-gratis jadi tidak ada salahnya jika kamu melakukan kompetisi dan buat yang menang kamu dapat memberikan hadiah baik berupa CD, kaos dan lain-lainnya.

Meskipun bukan menjadi tujuan utama untuk mendapatkan income karena musisi jaman sekarang sulit mendapatkan uang dari penjualan lagu maupun album, namun website bisa menjadi alternatif yang baik untuk mendapatkan tambahan dana selain konser.

Membuat toko online itu mudah kok, asal tahu komputer dan internet semuanya berjalan dengan mudah. Inilah tips-tips untuk membuat toko online untuk musikmu.

1.WooCommerce

Cara yang cukup mudah membuat toko onlinemu sendiri adalah dengan menggunakan CMS dari WordPress. Selain kemudahan instalasi dan ketersediaan di layanan hosting, W0rdpress menjadi andalah kebanyakan developer yang ingin membuat toko online. Ketika WordPress sudah terisntall dengan baik di hostingmu maka untuk membuat toko online kamu memerlukan plugin WooCommerce. Plugin ini sangat membantu kita untuk membuat toko online yang instan. Kemudahan dari WooCommerce sendiri juga membantu kamu sebagai adminnya untuk mengatur harga, jumlah barang, gambar, diskon dan lain sebagainya.

2. Banzoogle

Kamu ingin yang lebih instan? kamu dapat menggunakan Banzoogle. Banzoogle bisa menjadi alternatif buat kamu yang tidak mau repot harus menyewa hosting dan menginstall WordPress dan pluginnya. Meskipun serba instan, Banzoogle memiliki tampilan website yang elegan dan yang jelas tidak murahan. Banzoogle memang menjadi pilihan kebanyakan musisi karena mereka tidak mengambil persenan dari penjualan yang kamu lakukan di Banzoogle. Kamu dapat dengan mudah mengatur apa yang ingin kamu jual, apa yang ingin kamu gratiskan dan kamu juga dapat menampilkan preview dari lagu yang hendak kamu jual kamu. Kamu cukup mendaftarkan toko onlinemu di Banzoogle dengan memilih Standart Plan. Untuk Pro Plan nya sendiri kamu akan mendapatkan tambaha fitur seperti penjualan tiket konser bandmu, mengetahui jumlah penjualanmu, kode download dan diskon.

3. Big Cartel

Big Kartel adalah sebuah platform e-commerce yang dapat digunakan sebagai halaman toko untuk situs web apapun. Big Kartel menawarkan pilihan gratis dengan fitur terbatas di mana kamu dapat menjual hingga lima produk yang berbeda. Pilihan cara pembayaran yang banyak, kustomisasi menggunakan domainmu sendiri diskon dan banyak fitur yang akan kamu peroleh dari Big Cartel.

Big Kartel tidak mengambil persentase atau biaya dari produk yang kamu jual. Sebaliknya, mereka mengenakan biaya bulanan untuk menggunakan platform tersebut. Jadi kamu tidak perlu takut jika terjadi transaksi yang besar mereka tidak mengambil sepeserpun keuntungannya.

Namun sayangnya platform ini tidak dibuat khusus untuk musisi jadi kamu ada music player yang dapat digunakan untuk melakukan preview musik sebelum penggemarmu membeli

Masih banyak platform e-commerce yang bisa kamu gunakan namun ketiga platform tersebut bisa menjadi alternatif untuk menjual musik dan merchandise bandmu.

 

sumber : sonicbids

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

What do you think?

189 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *