Guitarist Lonely Alone Guitar Solo Musician Play
in

Berkarir Sendiri Di Musik?Lupakan Mimpimu Menjadi Musisi

Pernahkah kamu membayangkan jika berkarir di musik kamu tidak melibatkan orang lain sama sekali? Kemungkinan hal tersebut pernah ada di dalam benakmu karena pada awal merintis di dunia musik biasanya kita mengerjakannya semuanya sendiri terlebih dahulu seperti latihan-latihan sendiri, menciptakan lagu sendiri, membuat akun media sosial sendiri hingga rekaman sendiri.

Taruhlah hal yang kamu kerjakan ini sudah berjalan dengan memiliki skill bermusik sendiri, punya lagu sendiri dan sudah memiliki pengikut di sosial media, apakah kamu tetap akan menjalaninya sendiri? Ibarat kata kalau mau jomblo ya boleh saja tapi jangan kelamaan.

Setiap manusia punya keterbatasan, seahli-ahlinya kamu dalam memegang kendali karir tetap saja kamu akan kerepotan dan akibatnya karyamu menjadi tidak maksimal karena repot yang menyebabkan kamu menjadi lelah.

Musik itu ibarat tim sepakbola dimana kamu sebagai musisi adalah seorang striker (penyerang) yang tugasnya mencetak gol dan jelas tidak mungkin dalam waktu yang sama kamu menjadi kiper (penjaga gawang), maka dari itu kamu memerlukan sebuah tim yang bekerja sama denganmu sesuai dengan keahliannya seperti kiper, pemain bertahan, gelandang dan kamu sendiri sebagai striker  untuk mencapai tujuan atau gol tersebut. Tim itulah yang biasa kita dengar di industri musik sebagai sebuah management.

Di dalam management itu sendiri banyak posisi yang harus dipertimbangkan untuk diisi oleh orang-orang yang memang ahli di bidangnya,

  1. Manajer : Dia ibarat pemain gelandang di mana dialah yang mengatur ritme serangan maupun bertahan. Tugas utama seorang manajer adalah mengatur kemana arah musikmu akan dipublikasikan, dialah yang biasanya mengatur pencitraan, brand dan dalah yang mengatur kerjasama dengan pihak lain. Sebuah band atau seorang solois biasanya akan menggunakan jasa manajer yang masih memiliki hubungan keluarga atau seorang sahabat yang dekat karena berurusan dengan “trust”/ kepercayaan. Dengan memiliki manajer, kamu bisa fokus untuk berkarya daripada terlalu pusing memikirkan hal-hal lain. Carilah manajer yang memiliki banyak jaringan/koneksi yang berhubungan dengan musik.
  2. Road Manager : Biasanya pada awal karir sebuah band/solois pekerjaan itu masih dirangkap oleh manajer sendiri. Istilah road manager sendiri sebenarnya adalah kaki, tangan, mata dan telinga artis saat melakukan show/manggung. Dia yang mengatur kebutuhan artis seperti transportasi, check sound, hotel, makanan menghubungi crew artis, menjadi perwakilan dari management artis untuk bertemu dengan promotor ataupun EO, mengatur jumpa pers hingga mengatur komunikasi dengan fans. Road Manager sendiri harusnya juga tidak malu untuk ikut ambil bagian dari angkat-angkat koper jika barang bawaan artis tersebut lebih.
  3. Crew : biasanya lebih dari 1 orang, meskipun sering dianggap sebelah mata karena mengurusi peralatan-peralatan artis, namun pekerjaannya tidak bisa dianggap sepele. Bayangkan saat senar gitarmu putus atau kabel mic mu lepas apakah kamu akan menggantinya sendiri? salah satu fungsi crew ada di situ. Crew adalah orang-orang yang memastikan bahwa apa yang kamu lakukan semuanya aman terkendali.
  4. Tim Sosial Media : Sebagai musisi apakah kamu merangkap menjadi admin fanspage FB ataupun Twitter? untuk seorang solois biasanya Twitter masih dipegang sendiri oleh artisnya namun untuk untuk event-event tertentu seperti show, perilisan single maupun album akun sosial media tersebut baiknya dipegang oleh tim pakar sosial media karena merekalah yang membuat strategi marketing sedemikian serupa sehingga semua berjalan dengan lancar dan interaksi dengan followers sangat dibutuhkan.

Sebenarnya masih banyak posisi-posisi yang bisa disebutkan namun keempat posisi di atas sudah cukup mewakili dari sebuah management. Intinya, kamu tidak dapat bekerja sendiri jika memang kamu serius berkarir di musik. Mungkin pada awalnya kamu belum membutuhkan mereka, namun jika semuanya berjalan dengan baik, panggilan-panggilan manggung mulai banyak, merekalah yang akan berada di belakangmu untuk mendukung musikmu.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Creativity

Menjadi Musisi Yang Lebih Kreatif? Ini Tips Singkatnya

Sara Wijayanto : Album Launch