,

6 Kebiasaan Menjadi Musisi Sukses Yang Perlu Kamu Lakukan

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Menjadi musisi sukses bukan berarti sukses menjadi superstar yang dipuja oleh jutaan orang. Menjadi musisi yang sukses adalah seseorang yang memiliki komitmen kuat dengan apa yang akan, hendak dan telah dia lakukan dengan musiknya secara konsisten. Jadi jika kamu punya satu single lagu dan meledak hingga dinikmati jutaan penikmat musik namun pada tahun berikutnya kamu baru menelurkan single berikutnya saya beropini bahwa kamu bukan musisi sukses.

Sebagian besar musisi yang sukses menurut saya adalah musisi yang belajar dari musisi yang lebih dulu sukses dalam karir musiknya (kita sebut saja senior). Bukan berarti sukses menduplikasi suara, cara dan gaya bermusiknya, tetapi sukses mengikuti kebiasaan-kebiasaan mereka dalam membangun dan mempertahankan karir musik seperti yang telah mereka lakukan.

Kebiasaan-kebiasaan di dalam artikel ini mungkin terlihat sepele dan konyol, namun seorang Carlos Santana pun melakukan hal-hal berikut ini agar semakin produktif, kreatif dan pada akhirnya menjadikan dirinya legenda musik dunia.

1. Bangun 30 menit sebelumnya.

Tidak perlu ikut-ikutan dengan musisi yang “merasa sukses” dan berpesta sepanjang malam hingga berakibat jadi malas-malasan dan tidur seharian kemudian malamnya pesta lagi. Memang menyenangkan kegiatan seperti itu namun tanpa disadari kamu sudah merusak tubuhmu sehingga menjadi tidak produktif.

Cobalah untuk bangun pagi dan pasang alarm 30 menit lebih awal dari kebiasaan kamu bangun, misalkan kamu bangun jam 6 pagi maka bangunlah pada pukul 5.30, begitu juga jika kamu punya kebiasaan buruk bangun di atas jam 8 pagi maka bangunlah pada pukul 7.30 dan terus tingkatkan hingga kamu dapat bangun lebih pagi lagi karena ada pepatah yang mengatakan burung yang bangun paling pagi adalah burung yang mendapatkan cacingnya terbanyak jadi intinya bangunlah sepagi mungkin lakukan aktifitas yang jauh lebih produktif.

 

2. Makan sarapan pagi
Sebagian orang mungkin menganggap hal ini konyol. Namun tahukah kamu dengan sarapan pagi dengan porsi dan gizi yang tepat membuat kamu lebih berkonsentrasi lagi dalam melakukan kegiatan. Bayangkan saja jika kamu bangun pagi sekitar jam 6 pagi kemudian mandi lalu langsung kerja dan belum sarapan pagi,2-3 jam kemudian kamu tiba-tiba kelaparan maka kamu kehilangan fokus dan selesai sudah pekerjaan yang seharusnya kamu lakukan.

3. Olah raga
Kondisi tubuh yang prima jelas membuat aktifitas semakin terasa lebih bersemangat dan jauh lebih nyaman daripada kondisi sakit-sakitan. Olah raga yang ringan-ringan saja seperti lari-lari kecil di depan rumah, push up, sit up dan lainnya asal bukan olahraga yang terlalu berat yang membuat jantung jadi bekerja keras ujung-ujungnya kamu malah jadi lemas. Olah raga ringan juga membuat pikiranmu menjadi lebih segar dan yang pasti efeknya membuat kamu menjadi jauh lebih kreatif.

4. Buat daftar pekerjaan harian dalam seminggu
Buatlah jadwal yang tepat untuk pekerjaan harianmu dalam seminggu dari bangun pagi hingga menjelang tidur malam. Aturlah jadwal yang sekiranya membuat kamu merasa lebih produktif, misalkan aktifitas pagi setelah bangun pagi jam 6 hingga jam 7 olahraga, mandi, sarapan kemudian pada jam 7 hingga jam 9 latihan olah vocal jika kamu penyanyi atau fingering untuk melatih jari-jarimu saat bermain gitar maupun bass dan seterusnya namun jangan lupa sediakan waktu juga untuk istirahat misalkan menonton hiburan film atau acara tv namun jangan kelamaan seperti nonton drama Korea. Jika pada malam harinya kamu harus show di sebuah panggung maka atur juga jadwalnya dari persiapan peralatan, berdandan hingga atur jam pulang setelah show. Sesuaikan semuanya sesuai kebutuhan asalkan tertulis agar kamu menjadi orang yang lebih disiplin.

5. Abaikan Handphone untuk sementara waktu
Kebiasaan orang jaman sekarang adalah bangun pagi buka handphone, mau makan buka handphone, mau olah raga buka handphone untuk mengecek notifikasi Facebook, kiriman chat WA dan lain sebagainya. Kondisi ini membuat kita menjadi kebiasaan yang sulit ditinggalkan dan menjadi hal penting karena siapa tahu ada informasi penting juga. Jika tidak penting-penting amat sebaiknya abaikan dulu handphonemu dan fokuslah dengan kegiatanmu.

6. Mulai bergerak
Percuma jika 5 hal yang di atas kamu sudah lakukan tapi tidak ada action. Segera lakukan pekerjaanmu dan bergeraklah jangan hanya diam di tempat menanti sang rembulan dan bintang di pagi hari. Bangun pagi 30 menit lebih awal, olah raga, mandi, jangan lupa sarapan, buat daftar pekerjaan harian dan jalanilah sesuai aturan yang telah kamu buat, abaikan handphone jika tidak penting-penting amat dan yang paling penting lakukanlah semuanya.

Konyol? memang terdengar konyol, mau jadi musisi kok kegiatannya kayak jadi atlet saja? Ya begitulah kalau mau menjadi musisi yang sukses, banyak hal yang dikorbankan namun jika kamu berhasil kamu juga yang menikmatinya kan?

Tidak selalu tips di atas otomatis membuat kamu menjadi musisi yang sukses, pasti ada faktor lain yang juga mempengaruhi kesuksesanmu, tetapi paling tidak tips di atas mengajarkan kepada kita bahwa untuk mencapai kesuksesan perlu pengorbanan dan kedisiplinan.

Selamat berkarya dan saya tunggu kesuksesanmu….

 

sumber : sonicbids

image : wikihow

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

What do you think?

189 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *