home recording
Pinterest
in

5 Tips Untuk Home Recording

Apakah kamu suka melakukan home recording sendiri di rumah? Home recording jelas menjadi tantangan tersendiri karena kamu harus membuat sebuah rekaman rumahan yang mempunyai kualitas mendekati rekaman studio. Kamu bisa mencoba lima tips dari TuneCore bagaimana membuat DIY (Do It Yourself) recording di rumahmu.

1.Benahi Ruang Yang Digunakan Untuk Mendengarkan Recordingmu

Recording, mixing dan producing sangat dipengaruhi oleh ruangan yang kamu gunakan. Dengan tingkat peredaman suara ruangan akustik yang baik jelas kamu akan mengetahui apa yang sedang kamu kerjakan begitu juga dengan sebaliknya jika ruangan memiliki refleksi ruangan yang buruk, frekuensi resonansi yang aneh maka kamu tidak akan tahu apa yang sedang kamu dengar dan tidak tahu apa yang sedang kamu gabungkan dan kamu ciptakan.  Kamu bisa mempelajari cara membuat ruangan recording yang baik melalui internet.

2. Referensi Adalah Segalanya.

Apakah kamu menginginkan hasil recording yang Pro? Dengarkan hasil recording yang sudah Pro dan mapan, bandingkan dengan hasil recordingmu. Selalu jujur dengan hasil yang telah kamu dapatkan, jika kualitas yang kamu ciptakan tidak sebaik dengan hasil recording musisi Pro ada baiknya kamu mempelajari dan mencari tahu apa yang membuat rekaman mereka lebih baik dari apa yang kamu buat. Jangan mau berhenti belajar karena semakin banyak referensi rekaman yang pas alhasil lama-lama kamu juga akan menghasilkan rekaman dengan kualitas yang mirip dengan apa yang kamu dengarkan.

3. Kualitas Suara Yang Bagus Tidak Ada Yang Instan

Membuat hasil rekaman dengan kualitas super jelas tidak dapat dikerjakan dengan instan. Tidak seperti aplikasi pengolah gambar smartphone 360. Memang di internet banyak penyedia plugin, VST yang menawarkan pengeditan instan namun sebenarnya semuanya hanya memainkan dinamika dan nada yang dicampur menggunakan perpaduan antara volume, pan, EQ dan Compression. Jika kamu dapat menguasai keempat hal tersebut maka kamu juga akan membuat hasil recording yang baik.

4. Jangan Terlalu Fokus Pada Hal-Hal Yang Kecil

Jangan lupa bahwa 99 persen dari lagu yang bagus sebenarnya karena lagu itu sendiri. Jangan membuang-buang waktu untuk mencari suara efek gitar, snare drum yang unik karena kamu seharusnya lebih mengkhawatirkan melodi dan nada-nada vocal yang lebih baik. Jika kamu tidak mempedulikan masalah vocal, efek-efek yang kamu masukkan ke dalam lagu terasa percuma, buat apa punya lagu dengan efek-efek yang bagus namun lagunya sendiri jelek.

5. Gunakan Waktu Sebaik-Baiknya

Ketika mengolah sebuah recording, jangan terburu-buru untuk menyelesaikannya nanti hasilnya tidak memuaskan , memang tidak dapat dipungkiri juga jika terlalu lama kita mengolah recording kita maka lagu lama-lama juga akan membusuk. Keseimbangan waktu saat recording sangat dibutuhkan. Misalkan dalam 2 hari kamu sudah selesai melakukan pengolahan musik baik dari aransemen, recording, mixing dan lain-lainnya ada baiknya jika kamu meliburkan diri selama dua hari juga untuk tidak mendengarkan hasil recording yang telah kamu lakukan. Dengarkan terlebih dahulu recording yang menurutmu pro, setelah dua hari dengarkan kembali hasil recording yang pernah kamu lakukan karena otak dan pendengaranmu akan lebih segar dan bandingkan dengan recording milik orang lain yang menjadi referensimu.

 

Sumber : TuneCore

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Electronic Press Kit

Electronic Press Kit, Perlukah?

#WHEREISTHELOVE

Where Is The Love ? – #WHEREISTHELOVE