in

12 Cara Promosikan Musikmu Secara Online

Banyak sekali musisi di Indonesia yang memiliki karya, mungkin salah satunya adalah kamu. Musik yang telah kamu ciptakan jelas membutuhkan publikasi dan solusi terbaik saat ini adalah mempromosikan secara online. Promosi musik secara online memang cukup mudah namun terlalu banyak saluran, jaringan, forum, platform seperti sosial media dan aplikasi yang membuat musisi terkadang memaksakan diri untuk mempromosikannya di semua tempat. Dengan memaksakan diri seperti itu apakah kamu tahu seberapa efektifkah promosi yang kamu lakukan? Daripada terlalu membuang-buang waktu dan tenaga mungkin ada baiknya jika kamu memfokuskan diri pada platform tertentu yang efektif dan membuahkan hasil.

Bagaimana mengetahui platform-platform yang benar-benar dapat membantu kamu untuk mencapai kesuksesan? Jelas tidak ada jawabannya, karena semuanya masih membutuhkan trial and error. Tetapi banyak pertanyaan yang dapat membantu kamu dalam mengidentifikasi pilihan apa yang terbaik untuk dilakukan.

  1. Siapa saja dan seperti apa orang yang menyukai musikmu?
  2. Dimana sajakah mereka menghabiskan waktu selama online?
  3. Dimana sajakah kamu dapat menemukan musisi yang mempunyai karakter musik yang sama dengan musikmu dan seberapa terlibatkah fans dengan musisi itu?
  4. Apa saja yang menjadi fokus konten yang kira-kira fansmu sukai (Apakah video?gambar?blog)?

Jika kamu sudah dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana di atas berarti kamu melakukan langkah awal yang baik. Ketika kamu sudah berhasil sampai di titik ini kamu akan mengetahui platform-platform apa saja yang nantinya akan dibutuhkan. Hal-hal tersebut dapat dibagi menjadi empat kategori yang masing-masing memiliki tujuan yang unik.

MEMILIKI PROPERTI SENDIRI

Sosial media memang merupakan media promosi yang bagus namun bayangkan saja misalkan kamu mempunyai follower yang banyak di Twitter dan suatu ketika Twitter gulung tikar, sudah pasti kamu akan kehilangan followermu.

Untuk alasan sederhana ini sebaiknya kamu memiliki sendiri properti promosimu sendiri dan pastikan properti promosimu membuat fansmu mengetahui berita yang paling up to date mengenai musikmu.

1.Website

Musisi band atau solo jelas wajib memiliki website dan menjadi prioritas utama. Memiliki official website dari musikmu jelas dapat membantu fansmu mengetahui bagaimana caranya mereka menemukanmu meskipun sosial media tiba-tiba gulung tikar mereka tetap dapat menemukanmu. Lumayankan buat jaga-jaga kalau tiba-tiba Twitter atau Facebook tiba-tiba tutup. Masih ingat dengan Friendster?

2. Mailing List

Email masih merupakan cara terbaik untuk menjangkau penggemar. Meskipun terkadang banyak yang menggunakan email hanya untuk mendaftarkan sosial media, perangkat smartphone-nya tetapi jelas email benar-benar masih berguna. Fans yang benar-benar menggemari karyamu pasti akan berlangganan newsletter untuk mengetahui update yang terjadi pada karier musikmu. Ketika kamu mem-posting maka dijamin postinganmu mendarat di inbox penggemarmu.

3. Blog

Dengan menggunakan blog, kamu dapat berbicara tentang segala sesuatu yang terjadi pada dirimu sendiri ataupun bandmu, blog adalah cara yang bagus untuk membagikan cerita seputar karier musik seperti saat rekaman, tur, tempat berbagi lirik, tempat menceritakan ulasan lagu ataupun album. Dengan blog kamu juga dapat menceritakan bagaimana suka dan dukanya karier musikmu. Bagi penggemar jelas adalah tempat yang menarik untuk mengetahui dirimu lebih dalam dan mengetahui proses kreatif yang terjadi di balik musik favorit mereka.

4. Electronic Press Kit (EPK)

Tanpa mengesampingkan penggemar jelas kamu harus mempertimbangkan keberadaan industri musik secara online. Sebuah EPK pada dasarnya adalah resume untuk band atau musikmu, yang di dalamnya terdapat update info , musik, tanggal tur, dan informasi kontak. EPK merupakan sumber daya yang besar untuk dimiliki yang dapat membantu memperkenalkan musikmu pada industri bersangkutan.

ENGAGEMENT / KOMUNITAS

Jika kamu sudah memiliki sebagian dari properti di atas sudah saatnya mengembangkan fansbase dan memelihara kebersamaan bersama penggemar. Platform berikut adalah beberapa yang terbesar, meskipun tentu bukan satu-satunya pilihan untuk mencapai tujuan ini.

5. Facebook

Tidak perlu diragukan lagi bahwa Facebook memang merupakan sosial media dengan jaringan terbesar di dunia dan dianggap sebagai standarisasi bahwa kamu harus online dan sampai mana kamu bisa merangkul para penggemarmu. Untuk menjangkau lebih banyak fans kamu juga dapat memasang iklan di Facebook.

6. Twitter

Meskipun tidak nge-boom seperti pertama hadir di dunia online, Twitter tetap menjadi sosial media yang benar-benar membantu promosimu karena Twitter merupakan tempat bertukar informasi secara realtime. Interaksi tanya-jawab dengan penggemar juga dapat dilakukan secara realtime. Selain itu penggunaan #hastag di Twitter juga masih menjadi daya tarik.

7. Instagram

Instagram adalah standar untuk berbagi foto dengan mudah. Instagram adalah cara yang bagus untuk membumbui konten baik di Facebook dan Twitter dengan foto dan video. Hanya dengan sekali klik kamu sudah dapat mengirimkan foto itu ketiga sosial media yang kamu miliki sekaligus. Instagram juga memiliki aplikasi lain seperti Boomerang, Layout, dan Hyperlapse yang memungkinkan kamu untuk membuat konten yang unik dan kreatif dari foto dan video sehari-hari.

AMPLIFICATION

Di sisi lain, ada beberapa platform tidak memerlukan keterlibatan aktif seperti yang harus dilakukan di sosial media. Masih banyak tempat yang dapat membantu memperkuat musik, video, berita, jadwal tur dan lain sebagainnya. Dari tempat-tempat inilah sebenarnya dimanakah loyalitas penggemar diuji dan seberapa bagusnya musik yang kamu ciptakan sehingga muncul penggemar-penggemar baru.

8. Streaming Musik

Penjualan album secara fisik memang sudah harus dimaklumi karena sudah kurang diminati. Langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah memasukkan lagu yang telah kamu ciptakan melalui Spotify, Apple Music dan streaming musik lainnya. Kamu akan mendapatkan royalti dari situ namun jangan terlalu mengharapkan pendapatan yang besar karena pendapatan yang asli adalah ketika kamu melakukan konser atau tur.

9. Youtube

Mempromosikan lagu tidak harus membuat video klip, jika kamu belum memiliki video klip mungkin ada baiknya kamu membuat video lirik terlebih dahulu. Pengguna Youtube dengan julah yang gila-gilaan setiap harinya jelas seharusnya menjadi kesempatanmu untuk unjuk gigi.

10. Muncul di Portal/Website/Blog

Maksudnya jelas bukan muncul di website sendiri, kamu harus bergerak sedikit aktif agar musikmu dapat diulas penulis/jurnalis/blogger. Kemunculanmu di media-media ini jelas sangat bermanfaat sebagai media promosi. Kamu juga bisa submit lagumu dan mendapatkan review di sini.

11. Soundcloud

Hampir mirip dengan Youtube tetapi untuk versi audio saja. Dengan komunitas yang besar inilah kesempatanmu untuk menunjukkan karya-karyamu.

FANS CONVERSION

Jika semua hal di atas sudah kamu lakukan maka sekarang saatnya mengkonversi penggemarmu menjadi pendapatan. Banyak hal yang dapat kamu lakukan namun kami menyarankan kamu untuk menggunakan :

12 Bandcamp

Bandcamp menawarkan dua cara yang unik untuk mengkonversi penggemar Anda. Yang pertama adalah direct to fans merupakan solusi untuk menjual album atau single langsung kepada penggemar.Yang kedua meskipun kamu tidak langsung merasakan pendapatannya namun cara ini dapat meningkatkan milismu.  Bandcamp memungkinkan kamu untuk menawarkan download gratis dari single / album dengan cara memberikan alamat email, menariknya adalah lagu yang kamu ciptakan didengarkan oleh orang dan kamu mendapatkan alamat email yang dapat kamu manfaatkan sebagai mailing list.

Masih banyak cara dan tempat online menarik lainnya yang dapat kamu manfaatkan sebagai alat promosi musikmu namun perlu diingat, kamu harus fokus dengan promosi yang kamu lakukan jangan asal-asalan karena pekerjaan yang dilakukan dengan serius pasti mendapatkan hasil yang maksimal.

Selamat berkarya

 

sumber : bandzoogle

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Freddie Mercury Michael Jackson

There Must Be More To Life Than This

Memasukkan Lagu Ke Spotify?